Biaya Bangun Rumah 10×15 Meter

Butuh Jasa Arsitek atau Kontraktor untuk rumah Anda ?

AA ARCHITECT & KONTRAKTOR

WA : 0858-7843-7886

Kali ini kami Tim penulis akan menyajikan informasi lengkap tentang estimasi biaya bangun rumah ukuran 10×15 meter. Info ini diperlukan oleh banyak orang, spesial dan secara khusus bagi para pemilik lahan yang kondisi lahannya berukuran tersebut atau serupa.

Nah, Sahabat Kontraktor Magelang. Tiap orang pasti ingin punya rumah sendiri. Apalagi, rumah adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa terlepas dari kita. Masa kecil, kita akan cenderung suka tinggal bersama orang tua. Namun beranjak dewasa, kita pasti akan memikirkan untuk punya rumah sendiri. Selain karena faktor munculnya kemandirian, hal ini tentu karena didasari adanya impian untuk membangun keluarga kecil sendiri bersama pasangan juga anak-anak kita kelak. Dan juga faktor lain seperti terkumpulnya dana dan lepas dari kebiasaan menyewa rumah tahunan tanpa memiliki. Sehingga, mau tidak mau. Kita akan mencari atau mengumpulkan uang untuk membeli rumah jadi maupun membeli tanah sendiri lalu dibangun rumah.

Spesial edisi ketiga kali ini Tim Kontraktor Magelang bersama penulis ingin membahas tentang

Estimasi Biaya Bangun Rumah 10×15 ( 10 meter x 15 meter )

Kami sengaja membuat ulasan spesifik karena tak banyak media arsitek dan kontraktor yang membahasnya secara terperinci. Padahal kondisi di lapangan diluar seringkali kami menemukan bentuk lahan yang tidak pernah kami prediksikan sebelumnya.

Walaupun seringkali seorang pemilik tanah menginformasikan luas lahan total yang ingin dibangun. Tapi bagi kami, informasi rasio lahan itu juga tak kalah penting. Hal ini menyangkut dalam membuat sketsa rumah yang cocok dengan perbandingan panjang dan lebar yang khusus. Sehingga bentuk, tata rumah, penataan letak kamar tidur, ruang tamu memang perlu keahlian tersendiri yang tersaji dalam keahlian arsitektural. Agar tidak terkesan asal-asalan. Melainkan punya denah yang baik, desain yang bagus serta kokoh, dan juga memperhatikan segala unsur seperti keserasian, kesehatan, kelistrikan, cahaya dll.

Sebuah rumah dengan panjang kali lebar 15×10 atau bisa saja dibaca sebaliknya 10×15 meter ini memang ukuran rumah yang cukup unik. Tapi fakta yang kami temukan hal ini memang kerap kami temui di lapangan. Sehingga hal ini bersifat unik yang familiar, artinya cukup banyak ditemui di banyak daerah di Indonesia.

Kami sendiri yakin, diantara pembaca yang sedang hadir disini. Pasti ada yang memiliki bentuk lahan persis dengan yang saat ini kami kupas tuntas. Kalau boleh kami sampaikan, Anda cukup beruntung. Karena luas lahan tersebut sangat bagus untuk menunjang segala jenis konsep arsitektur tanpa ribet. Mau di konsep minimali, modern, modern tropis, kontemporer dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang punya usulan style lain, boleh deh disampaikan.

Bentuk tanah untuk rumah memang selalu beragam. Lahan yang dimiliki setiap orang tak selalu persegi. Ada yang persegi panjang, ada yang jajar genjang, bahkan yang menarik lagi ada yang tidak beraturan, dan ini wajar.

Tanah untuk bangunan rumah umumnya berasal dari tanah leluhur yang diwariskan ke kita dan juga tanah yang berasal dari pembelian. Untuk hasil hak warisan memang kita hanya keluar uang ketika membangun saja, berbeda dengan pembelian. Anda akan keluar dana ketika membeli + ketika membangun pula.

Nah, biasanya bentuk lahan untuk bangunan memang beragam. Namun keragaman tak lagi berlaku apabila Anda memutuskan membeli satu petak tanah kavling, biasanya sudah di pecah-pecah menjadi banyak bagian. Diukur, diberikan patok atau pembatas juga bentuknya memang dibuat rapi agar pembeli mudah untuk memilih spot yang disukai. Tapi bagi yang gak suka ribet sampai membangun. Cukup membeli rumah yang sudah jadi dan siap huni dari developer.

Tapi umumnya harga sering lebih mahal, desain dibuat sama dengan lain atau seragam ( tidak eksklusif ), serta spesifikasi yang belum tentu Anda sukai. Bahkan seringkali Anda harus merombak beberapa bagian jika tidak cocok. Entah bahan maupun material yang jelek, rumah terlalu pendek, garasi terlalu sempit, teras tidak ada atau kamar yang sempit. Semua ini tidak akan berlaku jika kita membangun sendiri. Semua hal cukup kebutuhan cukup dikonsultasikan dengan kontraktor dan menunggu pengerjaan saja.

Nah, bicara soal skala perbandingan ukuran rumah antara panjang kali lebar umumnya sangat sempurna untuk kebanyakan tanah kavling maupun perumahan seperti misalnya di banyak perumahan KPR. Untuk luas 36 meter persegi atau tipe 36 ini kebanyakan para developer membuat perbandingan 6×6 sehingga berbentu persegi. Hal ini sangat memungkinkan. Karena developer membeli tanah sekaligus besar, lalu dipecah menjadi banyak bagian, dibuat blok A, blok B dan seterusnya. Tiap blok di depan adalah jalan dan rumah bisa berhadapan antar blok. Hal ini memang tidak mustahil untuk membuat tipe apa saja dengan rasio yang bebas, sehingga akan ditemukan berapa jumlah unit yang bisa dibuat. Dengan memberikan fasilitas jalan, tanah vasum, taman, mushola dan main gate + security system misalnya.

Lahan dengan rasio 10×15 ini sebenarnya masuk dalam kategori rumah bertype 150. Bagi kami ukuran ini cukup sangat luas untuk sebuah rumah keluarga. Tipe ini berdasarkan tata denah yang banyak dipakai oleh para arsitektur ternama bisa dibuat 3 hingga 5 kamar tidur.

Hanya saja untuk 150 ini jarang kami temui di kawasan perumahan maupun cluster. Walaupun ada tapi kecenderungannya jarang. Bahkan untuk cluster sekalipun memakai maks 100 an meter persegi.

Dari banyak referensi dunia tipe rumah. Kami pernah melihat sebuah rumah dengan tipe 120. Dimana ukuran ini saja dikatakan sangat lega / lapang walau di isi 3 atau 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang dapur, ruang makan, ruang keluarga, dan bahkan untuk penambahan carport. Artinya untuk tipe 150 dengan perbandingan 10×15 ini lumayan lega. Dan cocok untuk sebuah rumah para keluarga besar.

Kalau bicara soal rumah untuk panjang 10 meter ini memang lebih sering dibuat model tipe 120 meter persegi dengan rasio 10×12 yang kami bicarakan di atas. Artinya jika panjang yang dimiliki 15 milik Anda tadi, bisa disisakan sepanjang 3 meter untuk dipakai halaman depan. Ini jika Anda tak ada lagi lahan lebihan diatas 150 meter persegi yang kami sebutkan. Namun jika memang ingin dimaksimalkan full bangunan tentu sangat memungkinkan banget. Dan bagi kami ini masih normal dan ini rasio panjang kali lebar yang cukup bagus bagi kami.

Karena kondisi di lapangan, ada juga beberapa bentuk tanah dengan panjang 25×6 sehinga mau tidak bentuk rumahnya memanjang kebelakang ataupun kesamping. Ini hampir mirip rumah tipe 36 sebanyak 4 buah yang berjajar rapi dan menyatu. Ini juga menurut kami lumayan bagus.

Tapi jika melihat rasio yang Anda miliki, justru ini rasio ukuran yang ideal dan akan nampak besar serta megah jika direalisasikan dalam bentuk rumah real. Hanya saja, jika tidak dikerjakan secara maksimal dengan dukungan arsitektur yang bagus tentu hasilnya bisa saja kurang maksimal.

Untuk mengetahui estimasi biaya bangun rumah berukuran 10×15. Yang perlu kita ketahui adalah biaya membangun untuk per meter persegi dari yang paling rendah sampai paling mahal. Dan ini tidak bisa kita sama ratakan di semua kota di seluruh Indonesia.

Biaya per meter umumnya dipengaruhi oleh upah kerja tiap daerah, serta harga material di daerah masing-masing.

Sebagai contoh, jika kita mengambil data penawaran dari berbagai jasa bangun rumah di tiap kota. Maka hasilnya seperti ini

A. Biaya bangun per meter persegi di semarang mulai dari 2,4 juta hingga 3,5 juta 

B. Biaya bangun di Jabodetabek mulai dari 3 juta hingga 6 juta 

C. Biaya bangun di Jogja per meter persegi rata2 adalah 2,8 juta hingga 4 juta rupiah.

( Anda bisa menggunakan jasa kontraktor kami untuk semua daerah di Indonesia, kami memiliki penawaran terbaik serta pengalaman bertahun-tahun, Anda bisa konsultasi kebutuhan, budget, konsep dan kapan ingin dibangun ? )

Ketiga contoh diatas kami ambilkan sample penawaran dari beberapa jasa bangun rumah yang berasal dari kota tersebut.

Dan biasanya, jasa kontraktor lain memiliki penawaran yang naik turunnya hampir sama. Hanya saja yang perlu kita garis bawahi adalah estimasi biaya terendahnya. Kenapa ? Karena sebetulnya untuk biaya maksimal bisa mencapai berapa saja. Hal ini kerap terjadi untuk jenis rumah mewah, rumah 2 lantai atau 3 lantai begitu juga seterusnya.

Lalu, kita bisa mencoba menghitung dengan melihat sample diatas.

Untuk tanah dengan ukuran 10×15 memiliki luas 150 meter persegi. Maka biaya bangun rumahnya mulai dari :

A. Jika 2,4 juta x 150 m2 = 360 juta

B. Jika 2,8 juta x 150 m2 = 420 juta

C. Jika 3 juta × 150 m2 = 450 juta

Nah, setelah melihat 3 contoh hasil perhitungan di atas. Kita akhirnya punya gambaran kasar budget yang dibutuhkan untuk membangun rumah 10×15. Namun untuk lebih detailnya dan update per meter lebih baik Anda tanyakan ke jasa kontraktor Anda.

Salah satunya adalah jasa kontraktor rumah kami. Anda bisa menanyakan langsung dengan tim kami untuk mengetahui secara real biaya yang dibutuhkan.

Tapi setidaknya Anda punya gambaran utuh. Dan bisa menyimpulkan, oh sepertinya simpanan tabungan saya sudah mencukupi. Oh, saya perlu menambah lagi 200 an juta, karena saat ini baru terkumpul sebanyak ….

Nah, jika kita mengambil salah satu penawaran biaya jasa kontraktor rumah di Semarang dengan biaya mulai dari 2,4 juta hingga 3,5 juta. Maka untuk ukuran 10×15 ini adalah mulai dari 360 juta hingga 525 juta rupiah.

Makin sederhana suatu rumah dari segi finishing, material dan aspek lain maka makin hemat biayanya. Namun sebaliknya, makin mewah suatu rumah, finishing yang banyak, serta pilihan material yang mahal maka makin banyak pula biaya yang harus Anda sisihkan untuk per meter perseginya.

Setelah mengetahui estimasi biaya bangun rumah dari list para kontraktor. Maka tak ada salahnya melanjutkan ke step yang selanjutnya. Yakni mengetahui biaya arsitek untuk ukuran tersebut.

Bagi Anda yang ingin rumahnya tampil menawan maka tak ada salahnya menggunakan jasa arsitek. Buat apa sih punya rumah besar dan bagus tapi kalau modelnya sama saja, cenderung jadul dan gak memiliki daya jual. Bahkan, rasanya gak pede jika ada kawan, rekan ingin berkunjung ke tempat Anda padahal rumah udah cukup besar.

Jika Anda tahu, rumah yang didesain bagus seringkali memiliki nilai jual 2 kali lipat dari harga normal rumah yang tak diperlakukan secara eksklusif ini. Rumah yang berdesain bagus akan membuat pemiliknya memiliki citra kharismatik, kepercayaan diri dan bisa menambah nilai sosial. Selain itu, bagi penghuni akan merasa nyaman dan memberikan ketentraman tersendiri.

Di sisi investasi bisnis, rumah yang berarsitektur bagus cenderung mudah laku jual dengan harga tinggi ( kerena banyak yang menyukai ). Dibandingkan rumah model biasa amat sulit menemukan pembeli yang cocok dan lakunyapun lama dan buruknya lagi bisa ditawar murah. Ini jika kita pandang dari sisi investasi bisnis, tapi saya yakin Anda tak ada niatan untuk menjualnya. Melainkan kebutuhan pribadi.

Tentu Anda tak ingin model rumah kita sama dengan model milik orang lain. Ataupun menggunakan desain yang kita jiplak tentu tidak ada nilai eksklusif lagi, selain itu kontraktor masih kesulitan membangunnya.  Kenapa ? Karena kontraktor butuh desain 3d detail luar dalam, tinggi bangunan, volume tiap ruangan dan denah yang detail dan tentu semua hal ini perlu didesain khusus dari seorang arsitek.

Mari kita ketahui biayanya yuk

Estimasi Jasa Arsitek Rumah 10×15 meter

Mari kita lanjutkan ke bagian pembahasan yang kedua. Mengetahui perkiraan biaya untuk membuat desain rumah dengan luas 150 meter persegi.

Nah, jika kita melihat jasa arsitektur umumnya mengacu pada lamanya pengerjaan, tingkat kesulitan, serta beberapa point lainnya. Sehingga untuk menghitung total budget jasa arsitek adalah dengan mengetahui harga per meter persegi juga.

Jika melihat sulitnya membuat desain rumah, villa, hotel, lapangan futsal, kos kosan, maupun bangunan apapun. Seorang arsitek memerlukan sekitar paling cepat 2 minggu jadi hingga bisa 6 bulan selesai.

Kemudian tarif juga dipengaruhi professionalitas arsitek, jam terbang, kualitas hasil dan lainnya.

Dari hasil penelusuran kami. Biaya arsitek per meter persegi ini variatif. Tapi rentang biayanya mulai dari 40ribu hingga 1 juta per meter persegi paling mahal.

Namun, untuk rata-rata biaya yang ditawarkan arsitek di Indonesia adalah

A. Desain sederhana : 100ribu / meter2

B. Desain sedang : 200ribu / meter 2

C. Desain menengah : 300ribu / meter2

D. Desain mewah : 400ribu / meter persegi

Dan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah per meter persegi. Hal ini dipengaruhi oleh penawaran, pengalaman, professionalitas serta kualitas tiap arsitek masing-masing. Dan tabel diatas berdasarkan estimasi sekilas kami dan tidak bisa dijadikan patokan standar umum. Anda juga boleh mendapatkan informasi dari berbagai referensi.

( Anda bisa menggunakan jasa arsitek kami, dan dapatkan penawaran menarik untuk calon rumah Anda )

Setelah mengetahui tabel sederhana diatas. Maka, kita bisa mengetahui biaya desain rumah ukuran 10×15 meter adalah mulai dari 15 juta rupiah hingga 60 juta rupiah. Ini kalau memakai tabel di atas.

Namun jika kita mengacu pada IAI ( Ikatan Arsitek Indonesia ), dimana telah diatur standar pembayaran jasa arsitek sebesar 7% dari nilai proyek.

Mari kita lihat kembali data biaya proyek bangun rumah berukuran 10×15 meter atau 150 meter persegi tadi.

Dimana jika biaya proyek rumah ada yang 2,8 juta per meter persegi, ada yang 3 juta, ada pula yang sampai 5 juta per meter persegi.

Jika kita mengambil untuk nilai proyek dari 2,8juta x 150 meter maka totalnya adalah 420 juta rupiah. Lalu berapa sih 7% dari 420 juta rupiah. Dari situ Anda bisa menghitung besaran standar fee arsitek adalah sebesar 29.400.000

Nah, sepertinya setelah membaca dari awal paragraf hingga bagian terakhir ini, Anda sudah mendapatkan info detailnya mengenai estimasi biaya arsitek & juga kontraktor. Hanya saja, ada satu yang mungkin belum ada dapatkan. Yakni menemukan vendor yang tepat untuk mewujudkan mimpi Anda dalam membangun rumah.

Jika tidak. Apa yang dibaca hanya sekedar wacana, dan mungkin akan bisa tertunda. Padahal Anda tahu, jika dana yang dibutuhkan sebenarnya sudah ready. Hanya saja, jika kita diamkan saja, dalam jangka waktu tertentu seringkali kita gatal untuk menggunakan dana yang ada untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti buat liburan, beli barang2 mewah yang tanpa disadari bisa membuatnya berkurang banyak. Hati-hati loh, makin menunda pemanfaatan dana untuk tujuan utama, bisa saja terpakai untuk hal yang bukan Anda tujukan dan ini kerap sekali terjadi.

Manfaatkan Jasa Arsitek & Bangun Rumah Kami !

Ketika kita membutuhkan sesuatu maka, kuncinya adalah mencarinya. Dan mencari memang butuh proses tersendiri hehehe. Nah, kalau dalam dunia jasa maupun jual beli. Ada istilah menemukan seller yang terpercaya. Kalau dalam dunia jasa maka temukan yang terpercaya, professional sekaligus berpengalaman. Pengalaman kami selama bertahun-tahun menjadikan sebagai bahan belajar, segala hal yang menyangkut dunia konstruksi, kendala teknis di lapangan dan cara mengatasi. Termasuk bagaimana membuat management waktu & kerja agar rumah bisa selesai tepat waktu.

Terpercaya ini bisa dilihat dari tingkat pertanggung jawaban dengan konsumennya. Kemudian professional salah satu wujud keseriusan, kefokusan dalam menangani sesuatu dengan maksimal tanpa adanya hal yang merugikan. Lalu pengalaman bisa kita kenali dari berapa banyak pelanggan yang sudah di handel nya. Nah, kami tak hanya handle pengerjaan jenis bangunan rumah. Namun beragam konstruksi seperti hotel, kos-kosan, gudang, lapangan futsal dan lainnya.

Professional, terpercaya serta berpengalaman……

Ketiga hal tersebut memang dibutuhkan oleh vendor jasa arsitek & kontraktor bangunan. Sehingga mau tidak mau, kita memerlukan jasa yang benar-benar recomended. Salah satunya adalah jasa kontraktormagelang.com ini. Dimana kami memiliki komitmen kuat untuk memberikan penawaran maksimal untuk para pengguna jasa kami. Karena kami tahu, apa yang kami kerjakan akan mendapatkan suatu penilaian. Yang tak hanya jangka pendek, melainkan jangka panjang. Kami ingin membuat  banyak konsumen senang dengan apa yang kami kerjakan. Salah satunya adalah mewujudkan rumah impian para pemilik mimpi dengan hasil yang bagus, berkualitas, serta tahan lama.

Rumah bagi konsumen adalah mimpi, namun bagi kami adalah semangat baru serta sebuah tanggung jawab khusus.

Mengapa Menggunakan Jasa kami ?

Poin ini pernah kami bahas sebelumnya di BAB 1 dan Bab 2. Dan mungkin akan kami persingkat bagi yang tidak sempat membuka page kami sebelumnya. Karena kami rasa penjelasannya sangat panjang. Sehingga membutuhkan waktu lagi untuk membacanya.

Secara ringkas, ada banyak alasan kenapa perlu menggunakan jasa kami ?

1. Garansi

Setiap orang pasti was-was atau takut membeli barang tanpa ada kartu garansi. Bisa jadi, setelah dibeli tak sampai seminggu sudah rusak atau tidak bisa dipakai. Seperti halnya barang elektronik Kw, fashion KW yang tidak bisa kita pastikan kualitasnya. Padahal kalau hanya bisa dipakai 1 minggu atau 1 bulan. Buat apa beli sampai harus keluar uang banyak ? Mending beli yang original sekalian. Tentu Anda akan lebih merasa aman.

Atau kalau dalam dunia konstruksi. Tentu Anda punya kekhawatiran, jika rumah yang dibangunkan pemborong misalnya, Tiba-tiba nanti ada bagian dinding yang retak, atap yang bocor, bagian yang roboh maupun hal lainnya yang mungkin saja terjadi.

Namun, apakah pemborong yang Anda order berani memberikan garansi ? Hal ini memang tidak bisa dipastikan, terlebih jika tidak ada surat perjanjian kerja yang mencantumkan hak dan kewajiban kedua belah pihak. Karena garansi terhadap suatu masalah konstruksi bisa saja mengeluarkan uang tambahan bagi pelaksana.

Sebagai konsumen, rasanya pusing sekali. Jika masalah seperti demikian bisa saja terjadi pada rumah yang baru saja jadi. Akhirnya kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Tapi jika Anda mempercayakan kepada yang memberikan garansi seperti kami. Pastinya lebih tenang deh rasanya… karena masalah sedemikian seburuk-buruknya bisa saja terjadi.

Kami memberlakukan garansi selama masa retensi atau pemeliharaan dengan minimal 6/12 bulan sejak rumah jadi. Dan garansi ini berlaku jika masalah kerusakan terjadi berasal dari bangunan itu sendiri, bukan dari faktor luar sperti bencana alam dll.

Jika produk eletktronik kita bisa klaim garansi dari kartu garansi. Nah, kalau rumah dari surat perjanjian kerjasama. Yakni bukti penyerahan tanggung jawab pelaksanaan dari owner kepada kontraktor selaku penyelenggara. Sekaligus sebagai pengikat.

2. Tim Pekerja & Tukang Yang Kompeten

Kami selalu selektif dalam merekrut tim yang diterjunkan untuk menggarap konstruksi secara langsung. Kami begitu memperhatikan aspek kerapihan, teliti, disiplin yang nantinya mampu hasilkan sebuah rumah berkualitas dan bagus.

Tim ini kami pilih dari yang berpengalaman sekaligus kompeten di bidangnya.

3. RAB

Jika tadi kita sudah membuat perhitungan estimasi kasar untuk rumah ukuran 10×15 dengan hitungan per meter persegi. Maka, kami akan membuatkan detail estimasi biaya secara detail untuk semua jenis pengerjaanya dalam bentuk RAB atau rancangan Anggaran Biaya ( Rumah ). Selain Anda bisa mengetahui biaya per itemnya. Hal ini untuk menghindari over budget, atau melebihi dana yang sudah disiapkan.

4. Professional & Pengalaman

Bagian nomor 4 ini sudah kami bahas diatas. Sehingha tidak perlu tulis lagi.

5. Transparan

Kami akan terbuka dengan segala jenis bahan, material yang kami gunakan dalam pembuatan rumah Anda, baik interior maupun eksterior.

6. Biaya Terjangkau

Kami akan memberikan penawaran terjangkau dan memberikan solusi budget yang bisa disesusaikan dengan kebutuhan Anda.

7. On time

Kami tidak menjanjikan bagian nomor 7 ini sebagai garansi. Namun seringkali dari portofolio kami sebelumnya rata2 bisa on time. Dan hal ini sengaja kami upayakan dengan sungguh-sungguh.

Nah, darimanapun Anda berada. Kami siap membantu merealisasikan rumah idaman yang nyaman tanpa batasan jarak.

Mau di Jawa Tengah, Jawa barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, Luar Jawa sekalipun kami siap handle.

Jika Anda tertarik menggunakan 1 atau 2 dari jasa yang kami berikan ini. Silahkan save email dan kontak kami. Dan hubungi hari ini atau besok.

Makin cepat makin baik…

Jika Anda memiliki pertanyaan dan tidak ada dalam pembahasan BAB 3 ini, silahkan Wa saja untuk memulai konsultasi dengan kami.

Kami juga siap untuk agenda janji temu maupun survey.  Kami tunggu kabar hangatnya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *