Kontraktor Lapangan Futsal di Semarang & Salatiga

Kami Melayani Jasa Arsitek & Konstruksi untuk keperluan :

1. Lapangan Futsal

2. Kos-kosan ( Eksklusif & Middle )

3. Hunian Rumah Tinggal ( Modern, Minimalis, Tropis, Kontemporer, dll )

4. Villa ( All Concept )

5. Hotel ( Sesuai Style & Konsep )

5. Gudang & Pabrik

6. Dll

Area Garapan Terdekat : Semarang, Salatiga, Magelang, Surakarta, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Pekalongan, Tegal dan seterusnya ( Jawa Tengah )

Area Garapan mampu kami Cover : Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur & Bali

Area Garapan Lain : Beberapa Kota di seluruh Indonesia

( Khusus Lapangan Futsal kami mampu meng-cover seluruh daerah perkotaan & kabupaten di Indonesia )

Dukungan : Tenaga SDM yang memadai & berpengalamah + suplai bahan baku yang siap

Semarang dan Salatiga adalah dua kota yang masuk zonasi area terdekat dengan kami untuk segala keperluan arsitektur dan konstruksi termasuknya lapangan futsal bagi para kliennya.

Sebagai vendor yang bergelut di dunia ini kami telah banyak menangani berbagai proyek baik dalam kota maupun luar kota. Namun untuk jenis lapangan futsal ini menurut kami cukup unik. Selain karena memiliki tantangan tersendiri. Bagi kami jenis pembangunan satu ini jauh lebih cepat daripada pembangunan rumah walaupun untuk segi kualitas tidak diragukan.

Seiring dengan makin besarnya trend olahraga di Jawa Tengah dan kota-kota besar. Rupanya trend olahraga futsal ini memasuki salah satu yang banyak dicari. Namun kehadiran minat publik tentunya harus dibarengi dengan ketersediaan alat dan juga tempat. Seperti halnya bersepeda diperlukan sepeda biasa dan tempatnya bisa di perkampungan, di lingkungan sekitar non keramaian namun ada jalan. Untuk jogging sendiri bisa memakai beberapa tempat umum seperti lapangan dengan alat bantuan handuk keringat dan sepatu sport. Sebagian tempat olahraga ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Walaupun berbayar tetap akan sering digunakan karena olahraga bukanlah sebuah gaya hidup semata melainkan menjadi kebutuhan hampir setiap orang seperti halnya ketersediaan tempat fitness. Hanya saja tak semua orang suka fitness, ada yang berselera futsal ini dan ini pangsa pasarnya sangatlah besar terlebih di Kota Semarang dan sekitarnya seperti Salatiga, Magelang dll.

Kelompok dan individu yang menyukai futsal biasanya akan melakukan olahraga ini sesuai dengan ritme jadwal masing-masing. Ada yang setiap hari, 1 seminggu sekali dan 1 bulan sekali paling lama. Dan tugas kita adalah menyewakan tempat yang memadai untuk mereka dan menjadikan mereka berlangganan di usaha lap futsal yang Anda kelola.

Jika bisnis ini belum cukup banyak di daerah Anda artinya kans untuk sukses di sini cukup besar. Atau jika radius lapangan lain dengan calon lahan baru Anda tidak terlalu dekat. Maka Anda bisa menyasar segmen pengguna terdekat. Selebihnya Anda bisa maksimalkan pemasaran ke beberapa tempat di kota Anda membuka futsal area tsb.

Selain menjadi penyedia tempat sewa. Anda juga wajib memastikan pelanggan tak hanya 1 kali saja menggunakan lokasi Anda. Melainkan menjadi pelanggan rutin dan betah. Salah satu cara untuk membuat pelanggan betah adalah terdiri dari 2 hal… yakni pelayanan dan fasilitas. Untuk soal harga bisa menyusul atau berdampingan.

Pelayanan ini bisa diterapkan ke pegawai-pegawai yang mengelola unit usaha lapangan futsal. Mulai dari ramah dengan pelanggan, komunikasi yang baik, kedekatan, serta membina hubungan baik terhadap semua pelanggan.

Lalu jika pelayanan sudah baik maka lanjut ke fasilitas. Anda sebaiknya mengecek apakah segala hal yang sediakan benar-benar layak dan mencukupi karena ini akan menetukan review selanjutnya.

Misal saja ketersediaan WIFI, Toilet yang banyak dan bersih, cafe / ruang tunggu nyaman, parkir yang luas dan teduh, bola yang masih bagus dan lain sebagainya.

Hal-hal seperti ini seringkali menjadi perhatian publik. Kadangkala jika Ada 1 saja yang lupa kita perhatikan bisa sangat berpengaruh.

Oh disana gak ada wifinya… tempatnya kotor… ( semisal )

Pelayanan bagus, fasilitas oke + harga terjangkau… sudah pasti pelanggan bakal betah dan suka banget bolak balik.

Kemudian jika semua planning sudah Anda bereskan. Maka selanjutnya adalah mencari vendor kontraktor lap Futsal di seputaran Semarang …

Anda bisa mempercayakan kami.

Kami akan menindaklanjuti dengan melakukan survey lokasi secara langsung dan melakukan pengkuran dan meninjau kondisi lahan. Yang akan kami lanjutkan ke tahap pembuatan desain & perhitungan RAB. Setelah itu bisa kami teruskan dengan pembangunan secara bertahap.

Pastikan Anda berkonsultasi kami mengenai spesifikasi yang diingin serta tipe yang dikehendaki ( indoor / outdoor ).

Kenapa Usaha Lapangan Futsal ?

Halo sahabat Kontraktormagelang.com. Peluang bisnis di dunia olahraga ternyata sangat besar sekali. Dan rupanya menjadi peluang yang gak kalah menarik dari bisnis kuliner ataupun di bisnis pariwisata. Jika pada umumnya sebuah lahan tanah lebih banyak dipakai untuk dibangun hotel, apartemen, kos, maupun restoran. Ide pemanfaatan lahan kali ini unik dan menarik sekali. Karena akan menjadi salah satu bisnis yang akan disukai sampai kapan saja.

Nah, dalam bisnis olahraga. Kita bisa membangun sarana lapangan olahraga baik itu lapangan futsal, tenis dan juga lapangan golf dan sebagainya. Semua itu tergantung dari karakter lingkungan dan potensi tiap daerah masing-masing. Saya yakin Anda sudah mengenali potensi yang ada dan itu adalah jawaban terbaik. Potensi itu ada 2 kategori, yaitu potensi yang bersumber dari luar dan juga yang bersumber dai dalam diri Anda sendiri.

Jika kita melihat potensi sumber luar. Ini bisa kita lihat dengan menyimak topografi yang ada. Oh misalkan lingkungan Anda sangat dekat dengan tempat-tempat wisata seperti pantai, candi, kawasan puncak, atau tempat favorit para wisatawan. Dari potensi sumber luar ini Anda bisa melihat bisnis apa saja yang amat memungkinkan untuk di coba. Membangun hotel, villa, pusat oleh-oleh dan sebagainya adalah tindakan yang cukup tepat.

Atau Anda melihat di daerah Semarang di Tembalang misalnya. Anda punya lahan dekat kampus Undip Semarang. Maka bisa melirik usaha kos-kosan yang tentunya bisa dihuni oleh para mahasiswa dengan sistem sewa bulanan. Untuk kos sendiri tentunya harus targetting. Anda akan masuk di segmen low budget atau middle budget. Jika Anda menyasar kalangan mahasiswa menengah maka membangun kos eksklusif di seputaran Undip Semarang adalah solusi yang sangat mantap. Namun untuk pricing perlu diperhatikan. Anda bisa mengkaji kualitas kamar, fasilitas yang Anda tawarkan kira-kira layaknya disewakan berapa per bulan ? Kalau misalnya Anda salah menentukan tarif, bisa-bisa los kosan bisa gak laku loh. Oh ternyata kemahalan … misalnya.

Cara paling gampang menentukan pricing sewa kos di Semarang adalah dengan survey. Anda bisa survey dulu biaya kos rata2 yang ditawarkan di Semarang itu biasanya berapa dari yang paling murah sampai yang termahal. Dan untuk lain kotapun gak bisa kita samakan. Misalnya di Salatiga dekat dengan Universitas Kristen Satya Wacana tentu harga sewa kos mahasiswanya juga berbeda.

Dalam menentukan segmen ini tentunya juga harus lebih mengerucut lagi atau lebih eksplisit. Misal saja kos yang Anda sewakan tersebut adalah kos khusus pria atau wanita saja. Karena klasifikasi ini penting dalam meraih minat calon market kita. Sebagai penyewa kos tentu akan memilih yang terpisah atau pengkhususan. Karena ini akan menentukan kenyamanan bagi yang menghuni dan bisa memberikan rasa aman pula untuk para penghuni kos.

Lalu, bagaimana dengan potensi peminat lapangan futsal. Konsep usaha persewaan lapangan futsal ini hampir sebelas duabelas dengan unit kos-kosan. Hanya saja untuk kos disewakan secara bulanan sedangkan lapangan futsal disewakan dengan durasi jam. Sebagai contoh, untuk menyewakan lapangan futsal ini rate biayanya adalah 100 ribu per jam. Atau 1,2 juta selama 12 jam.

Usaha lapangan futsal tentu diminati oleh para karyawan, mahasiswa, remaja dan juga masih banyak lainnya. Dan umumnya olahraga ini hampir rata2 digemari oleh anak laki-laki. Jika melihat potensi unit usaha lapangan futsal ini hampir bisa menyasar semua laki-laki yang menyukai olahraga, menyukai bola atau hobi bermain futsal.

Usaha ini bisa dikatakan akan tetap laku kapan saja karena minat olahraga ini akan selalu ada sampai kapanpun. Bahkan untuk menbangun bisnis ini gak harus berada di kawasan khusus baik itu kawasan pariwisata, industri atau kampus. Artinya cukup di kawasan yang dekat dengan pemukiman saja sudah sangat cukup banget.

Memang enak membangun usaha lapangan futsal. Gak harus di tempat yang dekat dengan kawasan khusus. Jika Anda ingin bikin hotel tapi jauh dari tempat wisata pastinya repot dong. Tamu turis dan wisatawan tentunya akan mikir mencari penginapan yang dekat dengan tujuan mereka. Hal ini sangat berhubungan dengan mobilitas perjalanan. Dari tempat stay menuju ke spot tujuan dekat, habis jalan-jalan balik lagi ke penginapan juga cepat. Itulah yang diinginkan oleh wisatawan.

Namun ada beberapa hotel yang tetap bisa laku meski jauh dari spot wisata. Dimana mereka mempunyai pondasi yang kuat dalam marketing strategi, membangun keunikan dan ciri khas yang akan menjadi lirikan siapa saja.

Setelah mengetahui potensi yang bersumber dari luar ini. Tentunya kita sudah punya gambaran. Akan seperti apa kelangsungan usaha yang akan saya tanamkan di daerah tertentu. Akankah akan prospek ataupun tidak. Selanjutnya adalah potensi yang ada dalam diri Anda sendiri.

Potensi dalam diri itu biasa disebut dengan minat. Minat adalah ketertarikan individu terhadap sesuatu. Minat ini akan sangat berpengaruh pada gairah semangat dalam menjalankan dan mewujudkan apa saja. Seperti halnya minat dengan musik. Anda akan belajar keras tentang permusikan, sampai Anda menjadi salah satu musisi dan bisa sukses di dalamnya. Tanpa minat, kita bisa menjalankannya dengan setengah-setengah. Hal seperti ini amat banyak ditemui di mana saja. Seorang calon mahasiswa yang sebenarnya ingin mengambil jurusan arsitektur dipaksa orang tua untuk mengambil jurusan hukum hanya karena minat ortu. Meskipun ada minat, tapi sayangnya minat itu bukanlah pelaku yang menjalankannya melainkan dari orang lain. Hal ini sama saja dengan bohong. Mahasiswa yang terjun di bidang bukan pilihan cenderung kurang bersemangat. Nilai ipk jelek dan bisa kerap bolos kuliah. Buruknya lagi adalah kelamaan menyelesaikan perkuliahan yang berakibat wisuda gak segera kelar.

Sebaliknya, mahasiswa yang menerjuni minatnya bisa belajar dengan semangat. Ipk bisa bagus dan wisudanya bisa saja cumlaude. Wah, siapa sih yang gak menginginkan hal seperti ini. Awas, hati-hati… karena minat bisa menjadi penentu hasil akhir atau penentu masa depan loh…  tapi gak pasti kok guys !

Nah, jika Anda punya minat yang baik terhadap usaha lapangan futsal ini akan menjadi modal awal yang baik untuk Anda. Karena modal dasar ini akan memberikan pengaruh energi positif dalam anda menata dan mengelola usaha. Walaupun usaha bisa berhubungan dengan untung dan rugi. Namun bagi yang menyukai hal yang dikerjakan mereka akan tetap belajar dalam situasi apapun.

Modal dasar ini akan lebih lengkap jika ada sumber daya pendukung. Apa saja sumber daya pendukung untuk usaha lapangan futsalnya sob ?

1. Kesiapan dana

2. Ketersediaan lahan

3. Kontraktor lapangan futsal

4. Sistem pengelolaan usaha

Nah, dari keempat tersebut. Mari kita bahas satu per satu sebelum membuka lapangan futsal di Semarang dan Salatiga Jawa Tengah.

1. Kesiapan Dana

Usaha memang selalu berhubungan dana. Tak ada usaha yang bisa diwujudkan tanpa dana. Baik itu dana yang bersumber dari diri sendiri, rekanan, investor bahkan dana dari DP klien.

Orang menyebut dana dengan istilah modal. Eh ada modalnya gak sih. Padahal makna dari modal tersebut cukup luas. Hanya saja dalam konteks ini modal diartikan dengan uang.

Membangun usaha apapun pasti akan ada dana yang dibutuhkan di dalamnya baik itu besar ataupun kecil. Kok ada ya orang yang menyebutkan modal dengkul. Modal dengkul sebenarnya ada dana yang muncul di perjalananya hanya saja modal tersebut bersumber dari orang lain selain dirinya.

Modal dari investor tentunya ada plus minusnya. Sisi positifnya Anda gak keluar biaya tapi bisa bikin usaha yang modalnya besar dan anda akan menikmati keuntungan dari usaha tersebut. Tapi minusnya Anda akan terikat dengan perjanjian kontrak kerjasama yang mengikat satu sama lain. Anda akan sedikit terkekang dengan adanya laporan mingguan, bulanan maupun tahunan terkait progress perusahaan… biasanya adalah keuangan… untung dan rugi. Karena ada pihak selain Anda maka akan ada hitam di atas putih. Sehingga apabila ada masalah yang ditemui dikemudian hari bisa ditempuh melalui jalur hukum.

Untuk memastikan anda bisa menjalankan kerjasama secara sehat dan aman. Ada baiknya Anda mencermati surat perjanjian kerjasama sebelum menandatangani. Salah dalam membacar surat kontrak bisa berakibat fatal. Surat kontrak kerjasama ini bisa dibuat oleh pihak pendana atau bisa juga dibuat oleh Anda sendiri.

Namun sebaik-baik surat kerjasama adalah yang sudah dibaca oleh kedua belah pihak dan keduanya menyetujui. Sebaiknya surat kerjasama yang kurang bagus adalah yang dimana tidak memberikan kesempatan pihak satunya membaca lebih lama sampai harus diburu segeta tanda tangan.

Setelah ditanda tangani tanpa membaca sisi kuat dan kelemahan kita ternyata amat banyak sisi lemah dalam perjanjian yang kita temui. Nah kalau sudah sepert ini. Apa daya yang bisa kita perbuat. Tentunya hanya bisa patuh dan tunduk dengan ketentuan yang ada berdasarkan isi surat. Kalaupun ada yang melanggar maka bisa dikenakan sanksi hukum.

Surat perjanjian kerjasama bisa dianggap kuat dan syah bila ada tanda tangan kedua belah pihak beserta saksi-saksi. Sekaligus harus ada bubuhan materai.

Nah, kalau sekarang kita lanjut ke dana yang berasal dari diri sendiri. Dana ini tentunya murni Anda sendiri ya pastinya. Tidak terikat dengan siapapun sehingga apapun yang Anda lakukan lumayan bebas. Anda juga tidak perlu membuat laporan apapun terkait semua pengeluaran usaha. Kalaupun ada, itu adalah laporan karyawan pengelola lapangan futsal kepada Anda.

Nilai plusnya adalah Anda tak terikat dengan siapapun. Namun nilai minusnya adalah semua resiko ada di tangan sendiri. Resiko yang pertama adalah resiko pengeluaran dana cost yang besar. Dana sendiri bisa didapat dari tabungan, ataupun peminjaman. Nah, kalau pinjaman tentunya Anda yang akan menanggung beban biayanya. Termasuk resiko lain.

Lalu, berapa sih dana yang perlu disiapkan untuk membangun lapangan futsal di Semarang, Salatiga, Magelang atau kota-kota lain di Jawa Tengah ?

Untuk informasi ini tentunya bisa didapat dari kontraktor lapangan futsal. Mereka akan menghitungkan sesuai dengan spesikasi lapangan futsal yang dibangun. Tentunya melihat luas lahan yang dikerjakan, jenis lapangan ( indoor, outdoor, semi indoor ), fasilitas lain ( cafe atau lainnya ), dan spesifikasi material lapangan ( jenis lantai dan gawang serta jenis material konstruksi ).

Karena adanya golongan spesifikasi ini maka membangun lapangan futsal dengan luasan lahan tertentu maka bisa kita bangun dengan budget paling rendah sampai budget paling tinggi. Tiap pilihan budget tentu akan kita dapatkan rate kualitas spesifikasinya.

Sebagai contoh, untuk lantai lapangan futsal ini ada beragam jenis baik itu lantai vinyl, lantai rumpug sintetis, interlock dan lain sebagainya. Beda jenis beda harga tentunya….

Nah, ini nanti bisa disesuikan dengan budget Anda. S

Setelah berkonsultasi dengan kontraktor Anda akan mendapatkan informasi sekilas perkiraan biaya bangun. Namun, bila Anda menginginkan data biaya yang lebih rinci sebaiknya Anda memesan salah satu jasa kontraktor dulu. Karena ketika mereka sudah Anda pesan dan tunjuk. Mereka akan mulai bekerja membangun desain, mensurvey lahan secara langsung dan melakukan perhitungan.

Perhitungan yang dilakukan kontraktor biasanya tertuangan dalam RAB ( Rancangan Anggaran Biaya ). Dimana data yang dihasilkan adalah data rinci yang telah melewati proses perhitungan yang detail dari tiap item pengerjaan dan item material.

Untuk urusan modal kami yakin Anda sudah menyiapkan jauh-jauh hari. Dan bahkan Anda juga sudah menyiapkan segala sesuatunya.

Tanpa ada dana maka sangat mustahil proyek pembangunan bisa terwujud. Dana akan masuk untuk pembelanjaan material dan biaya fee kontraktor. Untuk besaran fee kontraktor umumnya sudah ada dalam RAB dengan maksimal presentasi yang sudah diatur dalam undang-undang.

Nah, gitu saja ya sobat untuk masalah ketersediaan dana saya kira Anda sudah tidak mempermasalahkan lagi. Umumnya jika dana sudah ready semua tentu akan membuat pembangunan gedung apa saja tak ada jeda.

Mungkin Anda pernah melihat beberapa pembangunan rumah tinggal, gedung besar yang padahal baru sampai pada tahap pemasangan batu-bata. Ada pula yang baru pondasi sudah berhenti. Dalam kurun waktu tertentu bangunan stengah jalan tentu kurang baik. Bila sering terkena hujan akan berlumut dan akan susah bila dilanjutkan lagi harus dilakukan pembersihan.

Terkadang kita sering berfikir, apa sih yang membuat banyak proyek bangunan mangkrak di tengah perjalanan. Salah satu faktornya adalah dana yang tidak cukup sampai ke akhir proses. Atau bangun separuh dulu…

Sebaiknya sebelum membangun rumah dan kisaran bangunnya semisal 100 juta misalnya untuk sampai jadi. Dan Anda baru punya dana sekitar 50 juta. Lebih baik tunggu dulu sampai terkumpul semua. Terkecuali jika dana tersebut mampu wujudkan pembangunan sampai level atap dan dinding mungkin cukup aman bila terkena berbagai cuaca ekstrim. Tinggal untuk finishing cari-cari dana lagi.

Di berbagai wilayah di pedesaan terkadang ada pola khusus dalam merencanakan pembangunan rumah. Misalnya dengan mencicil dulu besi, disusul batu bata, besok lagi kalau ada duit beli pasir dan bata, sampai terakhir beli semen. Sebelum dibangun cari uang lagi untuk pembiayaan dana tukang dengan estimasi sampai rumah jadi. Setelah bahan baku siap dan biaya untuk tukang siap semua bari dikerjakan dengan progress yang berkelanjutan sampai tuntas.

Kalau jaman sekarang mungkin ada pilihan lain dalam hal mencicil. Bukan mencicil bahan2 bangunan dan anggaran melainkan mencicil rumah yang sudah jadi hehehe. Karena saat ini eranya perumahan minimalis. Maka gal heran jika kita banyak mendapatkan tawaran brosur hunian dengan berbagai tipe.

Ada yang tipe 36, tipe 45 sampai tipe 60. Makin besar tipe umumnya makin luas bangunannya. Biaya yang ditawarkan tentunya beragam. Sesuai dengan lokasi perumahan dan spesifikasi yang ditawarkan. Makin rendah spec tentu makin murah, sebaliknya jika banyak spesifikasi premium pasti mahal. Memiliki rumah yang dibeli dari developer memang simple dan gak ribet. Anda hanya menyiapkan uang DP lalu mencicilnya tiap bulan. Untuk besarnya angsuran ditentukan oleh besaran DP yang Anda berikan. Makin besar DP pastinya makin kecil cicilan bulanannya.

Mencicil rumah memang durasinya jauh lebih lama dibandingkan mencicil motor maupun mobil. Kalau rumah bisa mencapai 10 tahun hingga 20 tahun, motor hanya 3 tahun sedangkan mobil maksimal 5 tahun. Kenapa harus 20 tahun, karena akan memperingan tanggungan cicilan per bulannya. Jika Anda mampu bayar 3 kali lebih besar dari cicilan pembeli biasa. Maka bisa saja diagendakan tenor selama 5 atau 6 tahun misalnya.

Makin cepat lunas makin cepat pula Anda akan mendapatkan sertifikat kepemilikan rumah. Oh ya, untuk memperluas rumah biar makin spacy yakni dengan penambahan lantai baru. Dengan konsep rumah 2 lantai atau sampai 3 lantai. Anda akan mendapatkan space perumahan menjadi lebih besar.

Nah, untuk mendapatkan informasi mengenai biaya bangun lapangan futsal di Semarang, Salatiga dan sekitarnya silahkan konsultasi dengan kontraktornya ya guys… Salah satunya adalah kami.

2. Ketersediaan Lahan 

Nah sobat Kontraktormagelang.com kayaknya ngobrolin soal dana sudah cukup ya. Kita akan masuk ke poin nomor 2 ini. Oh ya, kayaknya masalah ketersediaan lahan dalam membuat lapangan futsal ini gak hanya perlu, melainkan wajib ada. Alias gak bisa ditawar-tawar lagi. Dan itu harus ada.

Anda sebaiknya mempersiapkan dulu lahan yang akan dibangun. Lahan ini adalah lahan yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh dari pemukiman. Karena sangat menentukan aksesibilitas bagi para penyewanya nanti. Walaupun jauh dari pemukiman setidaknya ada kemudahan akses untuk menuju tempat Anda tersebut paling tidak dengan kendaraan bermotor. Namun untuk daerah Semarang dan Salatiga kamk rasa banyak titik yang cukup strategis untuk usaha lap futsal. Karena minat warga Semarang dengan olahraga ini amat besar. Walaupun agak jauh dan bisa ditempuh dengan bermotor tetap saja gak akan jadi masalah. Karena hobi bisa mengalahkan jarak dan biaya. Seperti halnya hobi memancing. Para pemancing akan rela menyusuri sungai sampai berkilo-kilo meter, mencari spot-spot baru demi merasakan sensasi tarikan ikan yang bkin dag dig dug serrr.  Bahkan para pemancing juga akan rela membeli peralatan mancing yang mahal sampai jutaan rupiah, demi mempunyai alat-alat yang professional. Dari joran carbon yang kuat dan lentur, senar yang kuat, reel dengan tarikan enteng, bahkan umpan yang memiliki acting bagus.

Lalu, lahan seperti apa sih yang bisa dibangun lapangan futsal ?  Sebenarnya jarak bukanlah masalah. Hanya saja jika dekat pemukiman akan gampang ramai, namun yang jauh dan ramai pula juga banyak. Karena faktor syarat lahan ini jauh lebih penting. Antara lain sebagai berikut

1. Bisa diurus IMB

2. Memiliki luas yang mencukupi

3. Status Tanah yang jelas

Oke deh sobat mari kita bahas satu per satu. Mari kita langsung ke point pertama yakni terkait IMB. Apa sih itu IMB ? Yakni berkepanjangan Ijin Mendirikan bangunan. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua lahan bisa dibuat bangunan. Karena pemerintah daerah Semarang, Salatiga dan kota mana saja di seluruh Indonesia pasti punya tata kota yang dimana ada sistem zonasi lahan. Ada beberapa titik lahan dengan zona kuning, hijau dan merah. Zona dengan simbol warna menjelaskan mengenai peruntukan lahan. Jadi misalnya jika ternyata titik lahan kita adalah zona hijau misalnya. Artinya daerah tersebut adalah kawasan pertanian dan dikhususkan untuk pertanian. Jika dalam titik zona hijau, maka tak akan mungkin lagi kita bisa membangun gedung apapun. Tanah tersebut hanya boleh untuk usaha pertanian saja. Anda bisa mengolalanya untuk dibuat persawahan untuk tanam padi, jagung, tembakau, singkong, sayur mayur dan sejenisnya.

Kenapa tidak boleh dibangun bangunan ? Jika pemerintah sudah menetapkan sebagai zona hijau itu artinya kawasan tersebut cukup subur dan memiliki pengairan yang bagus. Hal ini untuk mengurangi resiko berkurangnya lahan-lahan pertanian menjadi gedung.

Nah, lalu ada lagi selain zona hijau ada zona kunig, merah dan biru. Misalnya saja untuk zona kuning banyak disebut sebagai zonanya pemukiman. Artinya tanah ini sangat cocok untuk dibangun perumahan. Biasanya para pengembang perumahan akan mengincar beberapa tanah yang dijual yang berada di zona kuning.

Tanah yang dimanfaatkan sesuai dengan keperuntukan tentu akan mudah mendapatkan ijin yakni ijin mendirikan bangunan misalnya. Tanpa adanya IMB ini akan sangat berisiko terhadap masa depan usaha. Anda akan dianggap melanggar dan pemerintah berhak membongkar bangunan bersangkutan.

Untuk urusan bangun lapangan futsal silahkan konsultasikan dengan kontraktor untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Lalu untuk luas yang mencukupi itu seperti apa sih. Nah, mari kita baca dulu spesifikasi ukuran lapangan futsal ideal yakni :

Berbentuk persegi panjang dengan : panjang 25 – 42 meter dan lebar 15 – 25 meter.

Dengan mengetahui informasi tersebut Anda akan tahu jika ukuran minimalnya adalah 25 x 15 meter… setelah mengetahui ukuran paling minimal ini Anda seharusnya mencari tahu apakah lahan Anda luasnya lebih dari itu atau kurang. Jika kurang dari itu artunya secara spec ukuran sudah tidak masuk.

Kalau ukurannya lebih dari itu bagaimana pak ? Justru itu yang kami harapkan. Karena denahnya tak hanya lapangan saja kan ? Tentu ada pembagian ruang untuk space tambahan di sekeliling lapangan, lalu ada ruang tunggu  / cafe bila perlu dan juga tempat parkir kendaraan. Dengan ukuran yang mencukupi tentu akan memudahkan segalanya.

Lalu bagaimana jika kita tetap ingin usaha lapangan futsal tapi lahannya mepet atau malah sama sekali gak mencukupi ?

Ada dua opsi, apabila lahannya sangat mepet dengan ukuran bisa dengan dibangun 2 lantai. Namun jika memang benar-benar jauh dari standar ikufan lebih baik kita mengajak kerjasama pemilik lahan yang minat dengan bisnis ini.

Anda sebagai pemodal dan inisiator, dan pemilih lahan sebagai pihak kedua di bisnis ini. Maka, dengan kerjasama ini usaha ini bisa Anda wujudkan.

Setelah hal tersebut cukup clear maka kita lanjut ke urusan status tanah. Status ini cukup penting sebelum masuk ke ranah ijin-ijin ke pemerintahan.

Sertifikat tanah banyak sekali jenisnya mulai dari Hak milik, hak guna dan hak pakai. Tiap status memiliki batasan dan aturan yang perlu kita pahami.

3. Kontraktor lapangan Futsal

Ketika Anda ingin punya meja kayu dan kursi kayu Anda punya 2 opsi yakni dengan memesan dengan tukang kayu sesuai dengan keinginan dan membayar sesuai harga bahan baku kayu & biaya jasa. Atau opsi yang keduanya adalah dengan membeli yang sudah jadi dan siap ditaruh di dalam rumah kita.

Hanya saja untuk ingin memiliki lapangan futsal opsi kedua dengan membeli yang sudah jadi sangat jarang yang dijual. Rata-rata kebanyakan masih beroperasi dengan baik. Atau jikapun Ada pilihan yang dijual hanya terbatas itu saja dalam kondisi bekas. Karena saat ini hampir belum ada bursa jual beli lapangan futsal kondisi baru.

Nah, akan lebih baik kita menggunakan opsi yang pertama saja ya sob dengan memesan ke salah satu vendor spesialis bangun lapangan futsal. Selain bisa custom sesuai kehendak kita tentunya bisa menyesuaikan dengan kondisi bentuk lahan kita. Bahkan kita juga bisa mengkondisikan budget sesuai ketersediaan dana.

Tidak semua kontraktor bangunan mampu membangun lapangan futsal. Karena tak hanya butuh kemampuan teknis konstruksi saja yang dibutuhkan. Melainkan suplai bahan baku untuk isi lapangan dan juga pemahaman teknis pemasangan struktur lapangan seperti lantai futsal, jaring gawang dan sebagainya. Namun ada kontraktor yang juga ahli di bidang ini. Salah satunya adalah kami. Tentunya proyek seperti ini sudah seringkali kami tangani.

Dalam memilih kontraktor lapangan futsal tidak hanya melihat tingkat pengalaman saja. Namun juga jarak vendor dengan tempat Anda yang berada di Semarang, Salatiga dan sekitarnya. Karena jarak yang dekat ini juga akan memudahkan mobilitas kerja seluru pekerja dan suplai material. Selain itu juga menghemat pengeluaran lebih banyak. Bahkan faktor komunikasi juga menjadi hal penting. Vendor dekat Semarang akan memudahkan ita bertemu, melakukan konsultasi, survey dan sebagainya tanpa ribet.

Karena kami berada di Salatiga & Magelang tentunya tidak jauh dari Kabupaten & Kota Semarang. Untuk keperluan survey dan pengukuran lokasi tentu amat mudah untuk kami lakukan dengan mudah.

4. Sistem Pengelolaan Usaha

Apa sih itu sistem pengelolaan usaha atau sistem usaha ? Berdasarkan beberapa penjelasan ilmiah disebut sebagai suatu kelompok komponen yang disatukan menjadi suatu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan dan untuk mendapatkan keuntungan.

Sistem inilah yang membuat roda usaha berputar secara tertata dan berjalan sesuai dengan mestinya. Bahkan dengan sistem yang ada ini membuat pemilik dimudahkan dengan berjalannya segala komponen di dalamnya.

Beberapa orang menyukai sistem autopilot. Yakni sistem yang dimana usaha bisa berjalan sendiri tanpa adanya keterlibatan pemilik untuk bekerja. Bahkan pemilik seringkali hanya meninjau dalam kurun waktu 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali untuk melihat perkembangan dan mengambil profit masuk.

Agar ada sistem pengelolaan yang berjalan. Diperlukan orang-orang yang mengurus tiap item pekerjaan sebagai delegasi pemilik. Mulai dari bagian pemasaran, operator harian, manager yang diserahkan oleh pegawai. Bila bagian-bagian ini sudah di handle maka semuanya siap berjalan. Atau dengan bahasa yang lebih sederhananya adalah usaha Anda tersebut sudah ada yang mengurus baik itu 10 orang atau hanya 1 orang saja.

Kalau kita mau melihat salah satu contoh terkecil saja adalah pada pengelolaan minimarket seperti Indomaret dan alfamart. Mulai dari bagian kasir, gudang, stok dan lain-lain sudah ada yang mengurus jadi pemilik hanya perlu melihat perkembangan yang ada saja.

Atau contoh kecil adalah unit usaha warnet. Unit usaha warnet ini terbilang sangat unik. Karena hanya cukup melibatkan 1 orang penunggu warnet saja bisnis warnet sudah berjalan. Namun untuk memastikan keuangan pemasukan dan pengeluaran transparan, penunggu warnet dibekali software billing. Jadi tiap pengguna warnet yang keluar bilik secara otomatis akan membayar sesuai durasi sewa baik 1 jam atau 2 jam. Semuanya sudah tercatat dalam software billing yang dikelolah oleh penjaga warnet bisa dilihat owner. Artinya nanti owner hanya menyelaraskan dengan pemasukan dan uang yang ada di laci.

Jika melihat contoh yang kita sebutkan di atas tersebut. Pada nantinya Anda bisa mencontoh sistem pengelolaan ala minimarket atau ala warnet.

Nah, setelah mempelajari semua point tersebut selanjutnya kita masuk ke poin berikutnya mengenai jenis2 lantai futsal.

Nah, bagi sahabat yang ini membangun usaha lapangan futsal di kota Semarang, Salatiga, Magelang atau lain-lainnya mari kita kenali dulu jenis-jenis lantai untuk lapangan futsal. Tentunya ini akan menyelaraskan dengan tipe lapangan dan biaya.

1. Tipe Lantai Vinyl

Jenis lantai yang nomor 1 ini cukup terkenal di dunia perfutsalan. Dimana memiliki bahan dasar karet sehingga empuk dan nyaman untuk berlari-lari dan bahkan akan sangat sedikit resiko cedera apabila terjatuh.  Tipe vinyl ini diklaim sebagai tipe paling lembut dibandingkan tipe2 / jenis lainnya. Hanya saja untuk masalah harga lumayan mahal. Selain empuk juga memiliki kerataan sangat baik sehingga bola mampu menggelinding dengan lurus dan akurat. Selain itu, jenis vinyl ini juga nampak elegan jika dilihat. Nah, cocok banget untuk lapangan futsal konsep indoor dengan atap tertutup.

2. Lantai Futsal Plester

Salah satu jenis lantai futsal yang paling hemat biaya alias murah adalah tipe plester. Karena hanya diplester saja tanpa adanya pembelian lapisan lagi di atasnya seperti plastik, karet dan sebagainya.

Lantai futsal ini tidak bersifat komersial dan banyak dipakai untuk instansi pendidikan baik di sekolah SD, SMP maupu SMA bahkan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan tidak besar biaya perawatannya.

Tidak diperlukan pembelian sparepart lantai atau sejenisnya.

Hanya saja karena plester dan keras. Tentu akan sangat mudah memudah kaki sakit, lecet maupun cedera ketika jatuh.

Bagi para pemain bisa menggunakan alat pelindung sikut biar aman ketika terjatuh.

Karene jenis plester maka sangat cocok untuk jenis lapangan outdoor / terbuka.

3. Lantai futsal Interlock

Ada satu lagi tipe lantai futsal yang sangat digemari oleh para pehobi olahraha futsal selain tipe vinyl yakni jenis interlock. Dimana interlock ini sering dipakai untuk ajang turnamen lokal, nasional bahkan internasional.

Menggunakan sistem knockdown alias bongkar pasag akan sangat memudahkan dalam perawatan. Bila ada bagian yang rusak bisa diganti yang rusak saja.

Tipe ini terbuat dari material plastik polypropilene yang kuat dan sangat tahan lama. Walaupun demikian dari segi kerataan sangat baik karena memiliki beberapa lapis dan kesat sehingga tidak licin dan mengakibatkan terlepeset.

Interlock ini memang seperti puzzle. Namun untuk tipe vinyl dan interlock dikenal mahal. Hanya saja memiliki kualitas bagu dan nyaman untuk para penggunanya.

4. Lantai Futsal Rumput Sintetis

Jika Anda sering melihat lapangan fustal dengan alas rumput kebanyakan terbuat dari rumput sintetis. Walaupun sebenarnya tipe ini bukanlah salah satu klasifikasi lantai yang dipakai untuk ajang olahraga. Artinya penggunaanya diplih untuk opsional fun semata.

Lantai fulsat rumput sintetis ini banyak dipakai di Indonesia karena juga menawarkan segi kenyamanan sepetti halnya vinyl dan interlock hanya saja untuk rumput sintetis ini tergolong murah.

Hal inilah yang membuat peminatnya cukup banyak.

Meskipun dari rumput sintetis namun untuk alur bola tetap bagus sehingga cocok untuk pilihan usaha lapangan futsal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *