Kontraktor Lapangan Futsal Solo Raya

Selamat datang di portal konstruksi Kontraktormagelang.com ! Salah satu vendor arsitek dan konstruksi yang telah dipercaya oleh puluhan klien di berbagai kota di Indonesia. Kami telah melayani beragam jenis desain bangunan sampai ke tahap pelaksananan ( rumah, villa, kos, gudang, apartemen, dll ) Bahkan kami juga cukup expert di bidang pengerjaan lapangan Futsal dari desain sampai ke tahap realisasi jadi berbentuk fisik.

Spesial Penawaran kali ini :

( Menerima jasa kontraktor lapangan futsal di Solo Raya )

Meliputi beberapa wilayah :

1. Surakarta / Solo

2. Boyolali

3. Sragen

4. Sukoharjo

5. Wonogiri

6. Karanganyar

7. Klaten

Nb : juga menerima pengerjaan lapangan futsal di berbagai kota di seluruh Indonesia

Kami Hadir Untuk Membangun Lapangan Futsal Anda ! Dimanapun tempatnya !

Mewujudkan mimpi menjadi nyata, dan memberikan apa yang terbaik dari kami untuk Anda.

Bagi para pembaca yang saat ini sedang menbaca website kami. Barangkali saat ini sedang mencari informasi terkait kontraktor Lapangan Futsal di daerah Solo. Informasi ini mungkin dibutuhkan oleh Anda sendiri, sahabat ataupun rekan kerja. Namun tanpa menyimpan contact kami, Anda tidak akan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap lagi. Silahkan bertanya langsung melalui whatsapp / email yang ada.

Penawaran jasa ini berlaku untuk daerah Solo Raya dan mana saja ataupun bagi Anda yang bukan dari daerah tersebut juga bisa mempercayakan kami. Karena khusus untuk gedung olahraga satu ini, kami mampu meng-cover semua area garap di seluruh Indonesia.

Dimana kebetulan di sini Anda menemukan kami sebagai penyedia yang tepat untuk jasa ini. Iya betul, kami spesialis di arsitektur & konstruksi. Namun kami juga ahlinya di bidang pembuatan lapangan futsal baik dari desain sampai ke bentuk jadi.

Sudah banyak klien yang mempercayakan dengan kami. Dan rata-rata mereka puas dan senang dengan hasil garapan kami.

Anda hanya cukup mempersiapkan lahan dan kami akan mensurveinya. Anda bisa menginfokan budget yang Anda miliki sehingga kami bisa menyarankan spesifikasi yang cocok baik dari segi tipe lantai dan sebagainya.

Namun kami akan membuatkan RAB nya agar Anda bisa melihat Rancangan Anggaran Biaya yang sedetail-detailnya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi nomor yang terlampir di website resmi ini. Atau Anda bisa menyentuh tombol wa button di samping ini yang akan mengarahkan ke nomor konsultan kami.

( untuk layananan pemesanan jasa arsitek & kontraktor bangunan seperti rumah, ruko, hotel, gudang, pabrik dan lainnya juga di nomor yang sama )

Pengantar Usaha Futsal

Membangun suatu bangunan tentu tak lepas dari sebuah tujuan. Baik itu untuk kepentingan pribadi, sosial bahkan sampai ke ranah bisnis. Rumah masuk dalam kategori kebutuhan pribadi. Sedangkan hotel, lapangan futsal, villa, apartemen, dan sejenisnya merupakan salah satu bentuk usaha pembangunan yang di tujuan sebagai sarana bisnis. Mengeluarkan modal untuk menghasilkan keuntungan.

Rumahpun bisa juga menjadi bisnis walaupun ini merupakan kebutuhan pribadi. Yakni dengan cara menawarkan rumah jadi kepada segmen para calon keluarga dan lainnya. Hal ini kerap dilakukan developer untuk mendapatkan keuntungan sebagaimana konsep usaha.

Tiap jenis bangunan memiliki segmen pasar sendiri-sendiri. Seperti rumah ditujukan untuk keluarga, hotel untuk wisatawan, kos-kosan untuk mahasiswa dan pekerja, serta lapangan futsal untuk semua kalangan yang membutuhkan olahraga.

Hampir semua orang membutuhkan olahraga karena tak hanya masuk di kebutuhan gaya hidup saja. Melainkan menjadi kebutuhan primer yang lahir dari sadarnya akan kesehatan. Berbagai wahana olahraga seperti kolam renang, fitness center, gym area, lapangan golf dan lapangan futsal selalu ramai dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini selain memberikan manfaat kesehatan juga menjadi opsi hiburan yang menggembirakan.

Sedikit melirik ke ranah usaha lapangan futsal ini ternyata menjadi salah satu top usaha olahraga yang banyak sekali digandrungi anak muda. Dari pekerja, mahasiswa, dan lainnya. Lapangan futsal ini mampu menampung 2 segmen hobi spesifik yakni hobi olahraha bola dan hobi olahraga futsal. Keduanya sebelas duabelas memiliki kesamaan yang super mirip. Yang membedakan hanya di jumlah pemain saja. Umumnya para penggemar bola juga suka berolahraga futsal.

Jika kita melihat minat bola di Indonesia ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai acara liga, piala dunia, turnamen bola selalu menjadi buah bibir. Bahkan olahraga satu ini selalu ditayangkan di televisi dan memiliki ruang khusus dikarenakan pemirsa di Indonesia yang jumlahnya sangat besar.

Besarnya angka ini sangat berpengaruh di level penggemar yang militan. Bahkan hampir sebagian pehobi tayangan bola tak hanya ingin menonton saja. Melainkan ingin merasakan di dunia nyata. Karena melihat saja tak cukup, melainkan merasakan adalah suatu pelengkap hobi.

Hobi tanpa dilengkapi oleh sarana tentu akan menjadi angan-angan semata. Saat ini mungkin ketersediaan lapangan umum sangatlah sedikit ataupun terbatas untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan kepadatan penduduk. Terlebih untuk bisa mengumpulkan belasan pemain sangatlah susah. Tentu hal ini bisa terjawab dengan bermain futsal. Hanya mengumpulkan teman kerja saja sudah cukup.

Hobi tanpa sarana akan jadi tak lengkap. Untuk bermain futsal butuh teman main, bola, lapangan, gawang dan sebagainya. Anda cukup datang saja ke salah satu persewaan gedung lapangan futsal maka masalah terpecahkan. Ini adalah salah satu bentuk angan-angan yang difikirkan oleh para pengguna.

Bagi para kalangan bisnis, adanya minat masyarakat terkait kebutuhan berolahraha futsal adalah sebuah peluang yang menjanjikan. Anda bisa mengubah minat masyarakat menjadi sumber penghasilan yang lumayan.

Prospek Usaha Lapangan Futsal di Solo Raya

Seperti penjelasan topik sebelumnya dan juga banyak dibahas oleh para kontraktor lainnya. Jika bisnis lapangan futsal ini saat menjadi magnet baru bagi masyarakat pecinta olahraga bola dan futsal. Ketersediaan akan sarana olahraga seperti peralatan dan tempat akan menjadi jawaban untuk meluapkan rasa senang mereka untuk mengolah badan.

Solo Raya adalah salah satu kawasan besar yang meliputi beberapa kota dan kabupaten seperti Solo / Surakarta, Boyolali, Klaten, Sragen, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar. Dimana kota atau wilayah tersebut memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi serta memiliki karakteristik akan minat bola yang besar pula. Hal ini juga didukung dengan adanya fasilitas stadiun Manahan Solo sebagai ikon dan juga banyak penggemar bola untuk warga seputaran Solo.

Kemudian ada juga daerah Boyolali yang memiliki lapangan Bola yang keren seperti bak di Eropa. Dan juga beberapa wilayah yang masuk di Soloraya rata-rata juga memiliki lapangan bola tersendiri. Hal ini sebagai bukti akan eksistensi kebutuhan akan olahraha di daerah Solo Raya.

Kota Solo ini juga memiliki klub besar yang cukup ternama bernama Persis Solo. Dan sering sekali bertandang main di kancah Nasional. Selain itu adanya fans atau supporter yang besar juga menjadi bukti bahwa eksistensi dan geliat olahraga di Solo Raya ini amatlah besar.

Selain melihat dari sisi geografis Solo seperti profile kilas yang kami sampaikan tersebut. Terdapat potensi lain yang bersumber dari perkembangan trend futsal di Indonesia. Dimana olahraga ini menjadi satu-satunya gaya olahraga yang hampir merata ke berbagai kalangan baik pedesaan maupun perkotaan. Berbeda dengan lapangan golf yang lebih spesifik menyasar kalangan menengah dan ini hanya cocok didirikan di daerah kawasan bisnis.

Pada dasarnya hampir rata-rata kalangan muda pria umumnya menyukai olahraga bola dan futsal hanya saja tidak mudah untuk menemukan lapangan futsal terdekat dengan daerahnya.

Lapangan Futsal Cocok didirikan di berbagai kawasan di Solo Raya Bila Memenuhi Syarat IMB

Hampir beragam jenis bangunan bisnis biasanya memiliki tingkat kecocokan sendiri-sendiri. Sehingga hal ini sangat berpengaruh di masa depan usaha tersebut.

Sebagaimana contoh jika usaha perhotelan akan sangat cocok bila dibangun di daerah kawasan wisata. Atau memiliki radius yang tidak jauh dari sebuah spot wisata. Namun bila asal-asalan dibangun tanpa melihat potensi wilayah sekitar, hal ini bisa berimbas terhadap tingkat okupansi. Namun, bagi hotel yang berada di titik yang cukup strategis dan dekat dengan sebuah tempat wisata. Ini mampu mendongkrak okupansi yang baik.

Kemudian unit usaha kos-kosan dengan menyewakan kamar juga dengan sistem pembayaran bulanan. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh jenis kawasan. Salah satu yang mendominasi adalah daerah yang dekat dengan pusat pendidikan perkuliahaan. Dekat dengan salah satu Universitas yang dimana banyak sekali Mahasiswa yang berasal dari luar kota. Hal ini tentu tidak memungkinkan untuk berangkat pulang kampus langsung dari rumah tinggalnya. Kemudian kos juga bagus bila berada tak jauh dari kawasan perkantoran, industri yang memungkin dipenuhi oleh pegawai luar kota dan luar Jawa. Kos akan jadi sangat diminati bila jarak lokasi tidak begitu jauh untuk ditempuh melalui kendaraan bermotor.

Namun bila lokasi kos terlalu jauh dari tempat bekerja atau kampus juga akan sangat minim diminati.

Ada lagi seperti unit usaha fotocopi juga akan cocok bila dibangun didekat sekolahan SD, SMP hingga SMA. Dan akan lebih lengkap lagi bila disertai dengan menjual alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensill, penghapus dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan unit usaha lapangan futsal ?

Di Kawasan seperti apakah yang cocok. Tentunya di daerah yang banyak ditempati oleh beberapa kalangan pria muda atau dewasa. Atau di daerah yang tidak jauh dari pemukiman. Usaha lapangan futsal ini cocok di kawasan apa saja. Baik itu di daerah kawasan pariwisata, kawasan industri sampai ke kawasan pendidikan juga cocok.

Setelah itu Anda akan mengingat kembali bahwa Anda ternyata punya lahan di daerah Solo Raya baik itu di Klaten, Wonogiri, Sukoharjo atau lainnya yang bisa Anda kelola untuk Lapangan Futsal.

Hal yang dipersiapkan untuk Membuka Lapangan Futsal di Solo, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali

1. Ketersediaan Lahan 

Hal yang paling fundamental dan tak bisa ditawar lagi dalam membangun usaha Lapangan Futsal di Solo Raya atau dimana saja tentu wajib ada lahan yang tersedia. Lahan inilah yang nantinya dijadikan sebagai tempat berdirinya sebuah bangunan lapangan secara fisik.

Namun setelah Anda memastikannya. Hal yang perlu Anda perhatikan lagi adalah memperhatikan luas lahan tersebut apakah memenuhi standar kecukupan. Paling tidak, mampu menampung ukuran minimal lapangan futsal di dalamnya.

Sebagai contoh jika lapangan futsal memiliki standar ukuran panjang 25 – 42 m dan lebar 15 – 25 meter. Maka setidaknya lahan tanah yang disediakan mampu menampung minimal ukuran lapangan Panjang 25 meter dan lebar min 15 meter.

Dalam dunia bisnis terdapat konsep kerjasama antara pihak satu dengan pihak lainnya. Anda mungkin akan menerapkan konsep ini di usaha lapangan futsal. Anda sebagai pengelola, pemilik ide dan pendana dimana mencari pihak kedua sebagai pemilik lahan.

Atau akan lebih nyaman lagi bila segala hal termasuk lahan adalah berasal dari Anda sendiri. Ini akan lebih baik untuk pilihan mengurangi resiko pertanggung jawaban yang besar kepada pihak lain.

Setelah memastikan ketersediaan lahan dengan luas yang mencukupi. Anda perlu mengetahui status lahan, zonasi lahan sebagai bahan modal untuk bisa mendapatkan ijin IMB.

Hal ini dikarenakan tidak semua tanah bisa dibangun bangunan usaha. Salah satu contohnya adalah sebuah spot lokasi yang masuk dalam zona hijau. Zonasi dengan label hijau ini artinya hanya bisa diolah dan dikelola untuk kawasan pertanian saja.

Apabila di zona hijau, tidak dimungkinkan untuk mendapatkan ijin pendirian bangunan atau IMB. Karena pada dasarnya usaha lapangan futsal bisa beroperasi dengan aman dan nyaman bila bisa mengantongi ijin resmi dari pemerintah setempat.

Untuk bangunan rumah pribadi biasanya tidak memerlukan IMB. Hanya saja jika sudah masuk ke sektor usaha perumahan atau ruko diperlukan IMB yang perlu diurus oleh pihak Developer.

Bila Anda masih bingung terkait IMB ini, Anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor pilihan Anda nanti.

2. Menyiapkan Dana

Mungkin banyak pepatah diluar terkait konsep modal dengkul, atau membangun usaha tanpa modal sepeserpun. Namun secara faktual di lapangan. Hampir tidak ada satupun usaha yang bisa diwujudkan tanpa sebuah modal. Baik itu modal yang bersumber dari kantong sendiri ataupun modal yang didapat dari pihak lain seperti investor misalnya. Hanya saja modal dari pihak lain ini kerap diartikan laksana modal dengkul. Kita yang menemukan ide, sedangkan investor yang mendanai.

Namun secara mutlak entah itu dari kantong pribadi atau kantong investor. Tetap usaha apa saja membutuhkan modal walaupun hanya sepeser entah hanya sekedar pulsa ataupun bensin.

Terlebih untuk usaha yang amat besar tentu butuh modal besar. Seperti dalam urusan membangun hotel, apartemen, villa, rumah makan, mall dan juga lapangan futsal. Modal ini akan kita belanjakan untuk membayar jasa kontraktor, belanja material sampai nanti ke operasional usaha.

Namun dalam konteks ini yang Anda butuhkan adalah informasi biaya membangun lapangan futsal sampai jadi. Hal ini bisa Anda tanyakan secara detail ke pihak kontraktor lapangan futsal dengan menghitung luas lahan serta luas bangunan, juga dengan spesifikasi yang diinginkan.

Bila Anda telah memutuskan untuk menunjuk dan deal dengan salah satu kontraktor. Biasanya mereka akan menghitungkan RAB pembangunan. RAB inilah yang bisa dijadikan acuan total dana pembangunan sampai jadi yang dihitung secara merinci per item pengerjaan.

Bila dana yang dibutuhkan sudah ready maka progress pengerjaan akan berjalan lancar tanpa hambatan.

3. Menemukan Kontraktor Pelaksana

Lahan sudah ready, dana juga sudah terkondisi. Kurang apalagi ya… tinggal mencari jasa kontraktor yang bisa membangun lapangan futsal tersebut.

Baiknya Anda mencari jasa kontraktor yang berada di seputaran Solo Raya termasuknya adalah vendor kami.

Dengan jarak vendor yang dekat tentu akan memudahkan komunikasi, mobilitas akan jadi lebih mudah karena jarak yang dekat.

Selain vendor yang dekat tentu memilih vendor kontraktor yang berpengalaman juga di bidang ini. Baik paham secara desain, konstruksi, struktur, termasuk pemahaman akan konsep lapangan.

Tenang saja, vendor kami sudah menangani banyak pekerjaan desain juga pembuatan lapangan futsal sampai jadi. Bahkan kami juga memiliki suplai bahan baku lapangan yang memadai dari lantai, gawang dan sebagainya. Termasuk suplai baja, dan material yang memadai. Serta didukung oleh para tenaga kerja yang berpengalaman di bidangnya.

Nah, sepertinya persiapan 3 hal di atas ini sudah nampak cukup. Tinggal ke eksekusi saja ya pak / bu.

Berapa Keuntungan Usaha Lapangan Futsal di Solo Raya ? 

Umumnya potensi keuntungan maksimal yang bisa didapatkan dari bisnis lapangan futsal di daerah seputaran Soloraya ini tergantung dari 2 hal pokok. Yakni jumlah lapangan yang bisa Anda sewakan dan harga sewa yang dihitung untuk tiap jam nya.

Selain itu ada faktor lain lagi bila Anda ingin memaksimalkan potensi keuntungan selain tanpa menambah lapangan. Melainkan unit bisnis pelengkap di dalamnya.

Sebagai contoh, bila ada mempunya 1 lapangan dalam 1 tempat. Dan Anda memiliki tarif sewa di Kota Solo per jam nya adalah 100 ribu. Maka penghasilan Anda bila seharian di booking secara penuh total yang didapatkan selama 1 hari adalah 2,4 juta rupiah. Atau lahan futsal Anda memiliki maksimal pendapatan per harinya mampu mencapai 2,4 juta. Lalu, Anda bisa membuat estimasi rata-rata tingkat sewa terendah harian lapangan futsal misalnya 5 jam. Maka penghasilan terendahnya adalah 500rbu per hari. Mari kita hitung selama 1 bulan untuk melihat hasilnya

500.000 × 30 = 15.000.000 / per bulan

2.4000.000 × 30 = 72.000.000 / per bulan

Dari 2 tabel sederhana di atas. Kita bisa memperkirakan potensi keuntungan minimal dengan sewa peri hanya dapat 5 jam selama sebulan bisa menembus 15juta. Sedangkan apabila bisa full book. Potensi keuntungan maksimal yang didapat bisa mencapai angka 70 an juta rupiah.

Dengan perhitungan sederhana di atas. Kemungkinan Anda akan memperhitungkan potensi BEP / ROI dari modal yang sudah Anda keluarkan untuk membangun lapangan futsal. Bila total dana yang telah dihabiskan di awal semisal sekitar 1 milyar, maka dalam tempo wakti 14 bulan Anda sudah kembali modal.

Namun bila Anda melihat dari sisi Investasi properti sebenarnya tidak ada kerugian sama sekali. Karena pendapatan yang didapatkan dari bisnis tersebut adalah murni sisa BEP. Karena Anda memikiki aset lapangan yang seharga demikian.

Lalu, untuk bisa mendapatkan potensi tambahan keuntungan lapangan futsal ini. Juga diperlukan bisnis pendamping. Bisnis yang bisa memberikan penghasilan tambahan dengan adanya unit yang sudah ada tersebut. Salah satunya Anda melihat akan ada berapa orang yang akan mengunjungi lapangan tersebut. Semisal 5 jam dan tiap 1 jamnya ada 6 orang.  Maka akan ada 30 orang per hari dan ini juga peluang lagi.

Salah satu unit bisnis yang membutuhkan space kecil dan punya pendapatan banyak untuk ditawarkan kepada pengunjung adalah dengan berjualan makanan dan minuman. Minuman yang cocok biasanya berkonsep es. Ada banyak sekali waralaba minuman es coklat, thao tea dengan booth mini yang bisa kita eksekusi pula. Dan ini akan memberikan potensi pendapatan yang luar biasa.

Namun untuk menunjang penjualan minuman. Saat ini sudah ada mitra pemasaran GoFood serta Grab Food yang bisa mendatangkan para pembeli minuman menuju ke lokasi. Biasanya nih abang-abang gojek ya sob.

Para pembeli minuman dari outlet mini di dalam kawasan Lapangan Futsal ini juga bisa menjadi sumber kekuatan tambahan untuk marketing lapangan futsal. Apalagi cocok buat abang-abang gojek yang suntuk mengejar orderan di waktu senggang mereka bisa berolahraha futsal.

Kedua unit usaha ini akan saling melengkapi satu sama lain bagaikan satu kali dayung 2 pulau terlampaui. Atau mirip dengan ibarat sambil menyelam minum air. Waduh-waduh mantap kali sob.

Bila tempat Anda sudah mulai cukup ramai. Ada potensi lain lagi yang bisa dimaksimalkan. Yakni space halaman depan pintu masuk bisa disewakan untuk pusat kuliner konsep outlet dengan booth-booth gerobak kecil. Bisa di isi oleh pedagang martabak manis, gorengan, roti bakar, sosis bakar jumbo dan lain sebagainya.

Singkatnya orang yang datang untuk bermain futsal juga akan tertarik untuk jajan baik sebelum atau sedah bermain. Tetapi kemungkinan setelah bermain akan sangat kehausan dan butuh jajanan minuman yang menyegarkan. Sebaliknya orang yang datang karena niat jajan akan secara tidak langsung mengenal gedung olahraga yang Anda sewakan. Dan sewaktu-waktu mereka akan mengajak teman-teman untuk bermain futsal di tempat Anda.

Setelah mengetahui beberapa potensi yang telah kami paparkan di atas dan potensi BEP ini minimal Anda akan memantapkan beberapa persiapan.

Oh ya sobat. Mungkin tiap daerah di Indonesia ini punya harga sewa lapangan futsal per jam yang berbeda-beda. Ada yang menyewakan mulai dari 80ribu per jam. Bahkan ada pula yang biaya sewanya mencapai 200 ribu per jam.

Hanya saja karena ini nanti di Solo Raya. Anda bisa menyesuaikan dengan tarif pasaran di kota Anda tinggal. Semisal Anda ingin membangun di Klaten sedangkan harga rata-rata di Klaten 125ribu per jam nya. Maka, pakai saja tarif yang seimbang. Hal ini juga menyesuaikan dengan kondisi geografis sekitar. Dengan mengetahui tarif tiap daerah ini minimal kita tidak kemahalan dan juga kemurahan.

Bahkan kalau Anda bisa lebih murah atau punya fasilitas yang lebih bagus serta kualitas lapangan yang lebih wow tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri.

Daya tarik itu penting untuk menarik pelanggan. Hal ini adalah salah satu fungsi dari ilmu marketing yang banyak diajarkan di bangku sekolah. Khususnya Anda yang mengambil jurusan ekonomi, kalaupun di bangku SMA di jurusan IPS.

Strategi Pemasaran Lapangan Futsal di Solo Raya

Setelah bangunan lapangan futsal selesai dikerjakan oleh kontraktor dan telah terjadi serah terima kunci. Maka yang selanjutnya adalah memikirkan strategi pemasaran.

Strategi pemasaran lapangan futsal ini menjadi sangat perlu mengingat menjadi ujung tombaknya keberhasilan usaha. Pemasaran yang bagus akan mengantarkan kita kepada kesuksesan. Siapa sih yang tidak ingin sukses dalam berbisnis.

Apapun bisnisnya, kesuksesan dan keberhasilan adalah suatu hal yang pasti diupayakan. Namun pemasaran yang bagus juga perlu diimbangi dengan sistem pengelolaan dan pelayanan yang bagus ya sob.

Jangan sampai, Anda berhasil membawa calon pelanggan berbondong-bondong menuju ke tempat Anda namun dibuat kecewa karena pelayanan yang jelek misalnya. Sebelum masuk ke ranah marketing kita perlu mempersiapkan secara matang sistem pengelolaan dan pelayanan yang tertata.

Setelah hal ini selesai Anda bereskan baik dari fasilitas, pelayanan, manajemen, dan lain sebagainya. Silahkan publikasikan secara meluas ke seluruh calon pelanggan Anda.

Nah, mari kita bahas ke sistem pemasaran. Saya yakin di era digital ini sudah banyak rupanya UKM, Toko, retailer yang mulai beralih dari marketing konvensional ke marketing digital. Dulu mungkin membuat iklan di brosur cetak, koran, media cetak serta door to door sangat ampuh. Namun kini online marketing menjadi sangat ampuh sekali.

Walaupun demikian Anda bisa mengkolaborasikan pemasaran lapangan futsal online maupun offline di daerah kota Solo sekitarnya. Karena Anda tidak akan pernah tahu, pelanggan akan tahu Anda dari mana berasal.

Bila Anda ingin menggunakan brosur dan media cetak silahkan pilih yang efektif dan temukan teknik yang tepat.

Namun bila Anda ingin memaksimalkan lapangan futsal secara online. Berikut ini list yang bisa Anda kerjakan :

1. Beriklan di Facebook

Hampir setidaknya rata-rata warga Indonesia terlebih Solo kebanyakan 50% ke atas mengakses media sosial facebook. Aplikasi satu ini sudah ada sejak tahun 2004 dan mulai ramai 10 tahun belakangan ini. Dan kira-kira 80% ke atas anak muda pasti mengakses aplikasi facebook ini baik melalui gawai ponsel, tablet ataupun laptop.

Di jaringan sosial ini mereka akan cenderung melihat pembaruan status teman-teman merek, membuka update terbaru dri group-grup yang ada sampai membaca iklan jual beli produk dan jasa di facebook hal yang sangat umum. Meskipun ada OLX jual beli, namub facebook juga menjadi tempat jual beli yang gak kalah ramai juga.

Untuk mengiklankan lapangan futsal di Solo ini Anda bisa membangun lingkungan pertemanan anak muda yang menyukai olahraga bola. Anda juga bisa membuat Fb ads dengan sasaran market dengan penyaringan usia. Ini akan memudahkan Anda menemukan target market potensial.

Beriklan di Facebook ini bisa dilakukan secara gratis ada juga yang berbayar. Anda bisa menentukan sendiri budget iklan di facebook sesuai anggaran harian.

2. Mendaftarkan Lapangan Futsal di Google Map

Aplikasi Google Map ini digunakan para pengguna internet untuk mencari sesuatu atau mengarahkan mereka ke suatu tempat yang diinginkan.

Cara kerja google Map ini sangat mengagumkan bila dilihat dari penggunaan yang disponsorkan di televisi dan kini hampir pengguna internet memakai cara ini pula.

Sebagai contoh ketika mereka akan mencari tempat makan dan mereka belum tahu sama sekali. Mereka cukup mengetikkan kata kunci “Tempat Makan Terdekat” atau “Restoran di Solo” misalnya.

Daftar list restoran yang keluar ini ada di Google Map bukan karena ada dengan sendirinya, melainkan karena di daftarkan.  Misalkan di list resto di Solo ada Bebek Goreng Haji Maman, Ayam Goreng 679 dan seterusnya. Pengguna Internet ini secara tidak langsung dikenalkan oleh Bebek goreng Haji Maman misalnya dan kemungkinan mereka akan mencoba menuju ke resto tersebut.

Asiknya lagi. Orang akan menuju ke resto tanpa perlu bertanya ke orang-orang. Melainkan sudah dipandu dengan aplikasi Google Map.

Tentunya Anda ingin.. ketika orang mengetikkan di Google dengan kata kunci Lapangan Futsal di kota Solo, Lapangan Futsal di Boyolali, Klaten dan seterusnya ini bisa ditemukan dengan mudah di Google.

Sebenarnya tips sederhana agar usaha persewaan lapangan futsal bisa ditemukan di Google ini hanya dengan mendaftarkan di Google Map saja sudah cukup.

3. Membuat Website

Bagi kalangan pebisnis professional yang melek dengan teknologi informasi. Mereka akan menggunakan website sebagai alat bantu marketing.

Website ini mampu menjaring pengunjung dari Internet baik pembaca dari lokal maupun luar kota. Hanya saja kita juga bisa menyasar berdasarkan kota.

Membuat website ini sebenarnya tidak harus sampai 10 juta. Bahkan ada banyak website kelas pemula yang bisa kita pesan dengan harga hanya 1 jutaan rupiah dan sudah ber domain.com .

Ini akan memberikan branding tersendiri. Misalkan nama usaha lapangan futsal Anda Andi Futsal.

Anda bisa membuat alamat website dengan Url www.Andifutsal.com atau Andifutsal.co.id dan sterusnya. Nama domain ini bisa kita pilih sesuai selera kita.

4. Promosi di Instagram

Media sosial Instagram rupanya identik dengan anak muda dan banyak penggunanya hampir mayoritas anak muda. Namun hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa sebenarnya Instagram ini tempat promosi yang ampuh loh sob.

Di IG ini selain banyak ditemukan akun pribadi, akun seleb, banyak juga akun-akun bisnis yang sebenarnya bertujuan untuk promosi usaha.

Banyak sekali usaha yang sukses berkat beriklan di Instagram. Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menggunakan metode ke empat ini. Cukup manjur dan mujarab hehehe.

5. Promosi di WA

Salah satu lingkungan terdekat sasaran market kita adalah orang-orang yang ada di seputaran Anda. Biasanya ini adalah teman-teman, relasi yang ada di jaringan Whatsapp Anda.

Tidak sedikit usaha makanan yang sukses berkat pemasaran di Whatsapp.

Walaupun lingkungan pertemanan Wa ini beragam kalangan tak menjadi masalah.

Sebagai contoh teman Anda banyak wanita. Namun bisa saja broadcast iklan anda akan diceritakan ke pacarnya, atau suaminya.

“Eh Pak Aldy baru saja buka lapangan futsal di daerah Solo loh, deket sini kok. Mau coba gak pak ( istri ke suami ). Misalnya

Tidak selalu orang yang melihat iklan kita adalah sasaran market kita. Karena barangkali mereka akan memberitahukan ke orang-orang lain juga.

Walaupun iklan anda dibaca 100 teman Whatsapp. Bisa jadi yang mengetahui akan launchingnya usaha futsal Anda sudah seribu. Siapa tahu kan ?

 

Jenis Lapangan Futsal berdasarkan Rungan

Lapangan Futsal Outdoor

Jenis yang pertama ini ciri khasnya belum memiliki atap yang teduh dari panas dan hujan. Dari segi pembuatan cukup murah. Hanya saja ketika musim hujan tiba, akan sulit untuk menyewakan.

Lapangan Futsal Semi Indoor

Jenis satu ini sudah memiliki atap bangunan seperti baja ringan dan galvalum misalnya. Hanya saja untuk dinding belum ada tembok yang rapat seperti batu-bata yang sudah di plester dan acinya. Biasanya menggunakan dinding jaring besi untuk menutupi dan memungkinkan udara keluar masuk

Jenis satu ini sudah aman untuk dipakai pada saat terik matahari maupun ketika musim penghujan sekalipun. Hanya saja ketika malam hari akan sangat dingin karena dinding yang terbuka dan mudahnya angin masuk ke lapangan.

Lapangan Futsal Indoor

Untuk yang nomor 3 ini hampir dipakai banyak pengusaha lapangan futsal di seluruh Indonesia. Tentunya akan kamk sarankan untuk pembangunan di daerah Solo.

Jenis ini memiliki atap yang rapat dan dinding yang rapat. Sehingga akan melindungi pemain dari berbagai cuaca ekstreem di dalamnya. Termasuk ketika bermain malam hari.

Walaupun lebih mahal dari yang lain. Namun tipe ini cukup awet serta tahan lama.

Tipe Lapangan Berdasarkan Lantai Futsal 

Sebenarnya jenisnya sangat banyak sekali. Namun di sini kami hanya akan menampilkan 4 jenis saja. Dimana 4 jenis ini banyak dipakai di Indonesia untuk kompetisi juga untuk industri usaha futsal. Selebihnya mungkin banyak jenis lain hanya saja banyak dipakai di luar negeri sperti lantai parquette dari kayu. Berikut ini dia 4 jenisnya :

1. Lantai Futsal Plester

Untuk yang pertama ini adalah tipe lantai futsal yang paling murah dari yang lain-lainnya. Murah karena hanya di plester semen pasir saja secara halus tanpa tambahan lapisan di atasnya lagi. Sehingga tidak memerlukan biaya perawatan ekstra karena tak ada pembelian sparepart lantai.

Hanya saja jenis lantai ini tidak cocok untuk kepentian komersial karena peminatnya sangat rendah. Akan tetapi banyak di pakai di kalangan instansi sekolah untuk anak-anak pelajar.

Kekurangan dari lantai ini adalah keras dan kasar. Sehingga apabila terjatuh bisa mengakibatkan cedera ataupun lecet karena tergores lapisan lantai.

2. Lantai Futsal Rumput Sintetis

Jenis lantai Ini sebenarnya tidak termasuk dalam olahraga futsal. Namun di Indonesia sendiri penggunaan rumput sintetis sudah menjamur dan banyak dipakai.

Hal ini karena rumput sintetis ini bisa memberikan efek nyaman untuk berlari dan menggiring bola. Selain itu bola juga akan menggelinding dengan bagus.

Jenis nomor 2 ini masih masuk dalan kategori murah dibandingkan nomor 3 dan empat setelah ini. Rumput sintetis sangat jarang ditemukan di ajang turnamen internasional.

Karena tipe lantai ini sifatnya untuk fun2 semata.

3. Lantai Futsal Vinyl

Jenis lantai ini sudah menjadi standar lantai yang dipakai di berbagai turnamen nasional maupun internasional.

Memiliki bahan dasar karet menjadikan material ini paling nyaman dan lembut untuk para pemain. Memiliki kerataan yang baik sehingga alur bola juga akan lancar. Hanya saja tergolong mahal namun sebanding dengan kualitas.

Jenis nomor 3 ini sangat cocok untuk indoor dan banyak dipakai di usaha lapangan futsal Indonesia meskipun belum banyak.

4. Lantai Futsal Interlock

Jika Anda pernah melihat jenis lantai futsal yang bermodel kayak puzzle dengan ukuran 25cm x 25 cm atau yang agak size besar ukuran 30 × 30 cm yany disusun kayak puzzle itu namanya lantai interlock.

Jenis lantai ini memiliki perawatan yang tergolong mudah karena mudah untuk dilakukan bongkar pasang.

Mesikipun demikian jenis interlock ini sudah didesain pabrikan dengan beberapa lapisan yang akan membuat lantai bisa benar-benar rata. Hal inilah yang menghasilkan alur bola yang lancar serta lurus.

Di sisi lain, lantai jenis ini memberikan kenyamanan untuk pemain karena tidak licin. Untuk segi harga memang agak mahal atau sekelas vinyl.

Ini cocok untuk indoor maupun outdoor. Bahan bata interlock ini bukan dari karet melainkan dari Polypropylene.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *